20 Gunung Berapi paling Aktif di Indonesia


Indonesia ternyata mempunyai Gunung berapi paling aktif di dunia ada belasan gunung yang dinyatakan aktif dan rawan meletus. Bencana alam gunung meletus adalah salah satu bencana yang paling buruk dampaknya dan sulit diprediksi kapan erupsi akanberhenti, berbeda dengan banjir dan longsor. Contoh nya saja di pemukiman lereng Sinabung sekarang masih berstatus siaga.


Berdasar data yang dirangkum dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sedikitnya hingga tulisan ini diturunkan ada sebanyak 20 gunung berapi di Indonesia aktif yang sedang bergejolak. Status vulkanik 20 gunung berapi itu beragam mulai dari Waspada, Siaga, hingga Awas.

Daftar 20 Gunung Berstatus Aktif di Indonesia

Status siaga
Gunung Egon
Gunung Bromo di Jawa Timur
Gunung Soputan,
Gunung Lokon dan Gunung Karangetang di Sulawesi Utara.

14 gunung berapi yang berstatus Waspada (Level II)
Gunung Kerinci
Gunung Dukono,
Gunung Merapi
Gunung Anak Krakatau
Gunung Semeru
Gunung Papandayan
Gunung Ibu
Gunung Gamkonora
Gunung Rokatenda
Gunung Sangeang Api
Gunung Gamalama
Gunung Raung
Gunung Awu
Gunung Barujari

Satus Awas masih disematkan pada Gunung Sinabung di Sumatera Utara hingga tulisan ini diturunkan belum memperlihatkan tanda-tanda penurunan aktivitas.

Tercatat sepanjang hari Senin 18 Januari 2016, Sinabung sudah tiga kali mengalami erupsi dengan jarak luncur 2000 meter kearah Timur Tenggara dan tinggi kolom1500 meter. Selain itu gempa tremor terus menerus sepanjang hari, satu kali gempa tektonik jauh dan 49 kali gempa guguran jauh.

Samapi saat ini data status Gunung aktif di Indonesia menjadi dasar upaya miigasi untuk mengurangi resiko korban jika sewaktu-waktu meletus.

Baca juga 20 Gunung Berapi di Indonesia Rawan Meletus