Sinergi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana


Indonesia adalah negara yang selalu tertimpa bencana bahkan menjadi negara dengan bencana terlengkap ada gempa, banjir, longsor, kebakaran, tsunami dan angin. Kerena itulah pentingnya memahami pengertian mitigasi bencana beserta bagaimana upaya dalam penanggulangan bencana tersebut.


Mitigasi bencana adalah kegiatan yanag dilakukan dalam rangka mengurangi resiko bencana sebagai bentuk tindakan preventif menyiapkan masyarakat atau komunitas siap dalam menghadapi bencana sehingga mengurangi dampak/resiko apabila terjadi bencana. Konsep yang dikembangkan berbasis komunitas masyarakat, kelembagaan pemerintah daerah dari tingkat desa, serta masyarakat di sekitar korporat khususnya yg industri dengan resiko bencana.

Penanggulangan bencana tak bisa dilakukan oleh pigak pemeriutah saja, tapi harus ada sinergi atau kerjasama kuat antara pemerintah, lembaga, pendidikan dan masyarakat terutama yang tinggal di kawasan rawan bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana http://www.bnpb.go.id/ dan Badan Penanggulangan Daerah adalah salah satu langkah pemerintah untuk menjadi tombak dalam masalah bencana di Indonesia. Namun hal tersebut belum cukup menanggulangi masalah bencana yang ada, karena itulah diperlukan keikutsertaan antara lembaga, komunitas dan masyarakat.

Calah satu Lembaga bencana dan kemanusiaan adalah Aksi Cepat Tanggap http://act.id/ yang mempunyai program sekolah manajeman penangguulangan bencana Disaster Management Institute of Indonesia (DM11) yang mengelola best practise manajemen penanggulangan bencana sekaligus sebagai pusat study, data, dan informasi kebencanaan Indonesia