Banjir Bekasi April 2016 Ini Parah


Banjir di Bekasi April 2016 ini sebenarnya sudah diprediksi dari tahun lalu. Kondisi bantaran kali Bekasi memang rentan banjir jika kali meluap. Hujan deras yang mengguyur merata di Jabotabek menyebabkan berbagai daerah banjir dan tergenang. Akhirnya terjadi juga banjir di Kecamatan Jatiasih yang ketinggian air mencapai 2 meter dan menggegerkan masyarakat Bekasi.


Kamis (21/4aliran sungai yang mengalir ke pantai utara Jawa meluap yaitu di kawasan Jakarta dan Bekasi. Akhirnya bencana banjir pun tak bisa dihindari. Kantor Berita Antara menyebut, berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, banjir di Bekasi merendam sedikitnya 5.000 unit rumah sekaligus!

Lima ribu rumah yang terendam banjir di Bekasi ini tersebar merata di lima kecamatan. Banjir disebabkan oleh meluapnya aliran Kali Bekasi, atau Sungai Cikeas. Hampir seluruh pemukiman warga yang berada tepat di bantaran Kali Bekasi dipastikan terendam banjir cukup parah.

Satu titik banjir terparah menerjang Perumahan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi. Genangan banjir di lokasi ini mencapai ketinggian 3 sampai 4 meter! Hanya menyisakan genteng rumah yang menyembul di balik air banjir. Semalamn tadi sunyi dan gelap gulita terasa di lokasi ini, sebab sudah sejak pagi PLN memutus aliran listrik demi keselamatan.

Luapan Kali Bekasi yang masuk ke Perumahan Pondok Gede Permai berasal dari limpahan tanggul yang jebol. Tak ayal, air mengalir deras sejak Kamis pagi (21/4) pukul sekira pukul 09.00 WIB. Setelah itu, ketinggian air terus memuncak drastis sampai tengah malam. Menjelang tengah malam tadi, dikabarkan air banjir di Pondok Gede Permai sempat surut secara bertahap, sekitar pukul 22.30 WIB, air banjir hanya menyisakan beberapa centimeter saja. Namun, harapan surutnya banjir ini ternyata hanya berlangsung tak lebih dari 30 menit.

Penjelasan dari Sutopo Purwo Nugroho, selaku Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut bahwa terjangan banjir luapan Kali Bekasi terjadi begitu cepat. Apalagi ketika tanggul Sungai Cikeas tak mampu menahan derasnya debit sungai yang mengalir deras menuju hilir. Patahan tanggul Sungai Cikeas membentang sepanjang 10 meter dengan rembesan air sepanjang 1 kilometer, tanggul yang jebol ini terletak di RW 10, Perumahan Pondok Gede Permai.