Inilah 5 Penyebab Banjir yang Utama

penyebab banjir

Bencana banjir pasti terjadi di berbagai dearah Indonesia setiap kali musim hujan. Faktor penyebab banjir seringkali disebabkan oleh ulah manusia, tapi kebanyakan acuh dan baru sadar saat kebanjiran. Tinginya curah hujan memang faktor penyebab banjir yang utama, tetapi kerusakan fungsi sungai juga penyebab utama banjir selalu saja melanda.

1 Pendangkalan sungai akibat sampah
Sungai-sungai yang dulunya dalam lama-lama menjadi dangkal akibat pembuangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sungai yang dangkal menyebabkan meluap ke pemukiman pada saat hujan deras.
2. Perusakan lahan
Seperti yang terjadi di beberapa wilayah, banyak kejadian banjir dan tanah longsor karena ulah perusakan lahan untuk penambangan liar. Tanah yang seharusnya jadi penahan air menjadi tergerus dan menyebabkan banjir.
3. Penebangan hutan
Hutan berfungsi sangat penting sebagai daerah resapan air, menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut, dengan banjir yang terus terjadi dengan skala besar maka ada kemungkinan menyebabkan tanah longsor.
4. Pemukiman sembarangan
Pemukiman sembrangan menjadi faktor penyebab banjir penghambat aliran sungai. Seperti rumah-rumah di bantaran yang pasti menjadi penyumbang sampah terbesar yang menjadi penghambat dan pendangkalan.
5. Curah hujan yang tinggiCurah hujan tinggi berdampak air hujan akan memenuhi sungai- sungai dan menggenangi jalanan yang pasti menyebabkan banjir jika terus terjadi tidak ada penampung atau resapan.